Sabtu, 29 September 2012

Ebola . Jijik? Kesian?

Ebola merupakan salah satu penyakit yang dihindari oleh orang seluruh dunia . Ohiya tau ga ebola itu apa ?
Ebola merupakan penyakit yang ditularkan oleh virus ebola . Jika kamu kena penyakit ebola ada gejala gejalanya kek muntah, diare, sakit badan, pendarahan dalam dan luar, dan demam . Yang paling sering gue denger sih penyakit ebola tuh awalnya ada seekor anjing makan makanan nya simpanse abis itu si anjing ngenularin ke orang2 . Kalo itu sih aku juga ga tahu ya nama aja cuman denger .

Hmm, namanya juga virus ya ga bisa ilang munugkin hanya bisa dikurangi ya . Tau ga cerita saudara saudara kita di uganda ? Di uganda ada belasan orang yang terkena penyakit ebola mereka tewas semua kena penyakit itu . Kesian banget ya ?

Tau ga sih awalnya penyakit Ebola itu ?
Nah gini, "Penyakit ini pertama sekali dijumpai di Sudan pada 1976 yang disebabkan jenis virus Filoviridae yang terdiri dari empat subtipe, yaitu: Ebola Sudan, E Zaire, E Ivory Coast, dan E Reston (Pourrut X et al, 2005). Tiga virus dari pertama berasal dari simpanse di Afrika, sedangkan virus E Reston berasal dari Asia Tenggara.
Ebola Reston virus pertama kali dijumpai di laboratorium penelitian HIV/AIDS Reston, Virginia Amerika Serikat tahun 1989 pada kera berekor panjang (Macaca fascicularis) yang diimpor dari Filipina. Penyakit ini tidak menyerang para pekerja laboratorium, tetapi dalam darah dijumpai virus E Reston tanpa menimbulkan gejala penyakit pada manusia ( Siegert, R. Et al, 2009).
Pada 1967, dijumpai penyakit demam berdarah Marburg di Jerman (Eropa) dengan virus penyebab juga termasuk jenis Fliloviridae, yaitu jenis virus ebola yang ditularkan ke manusia maupun hewan dari 31 penderita yang tertular tujuh orang yang meninggal (Kuhn, J. H et al, 2010).
Kemudian muncul marburg di beberapa negara di Afrika sejak 1975-2001. Dengan virus Marbug ada yang menyebut Ebola Marburg dengan fatality rate sampai mencapai 90 persen (Smith, D. H.et al, 1982). Kemudian pada 1988 dan 1990 muncul virus marburg di Kosovo, pada laboratorium yang akan akan dipergunakan untuk menghasilkan senjata biologis (Alibek, Steven; Handelman,)" sumber klik
Kalo misalnya nih kamu jalan jalan ke afrika terus ngeliat orang yang terjangkit virus ini, kamunya gimana ? Ya tergantung masing - masing kamunya juga . Kalo gue sih agak sedih dan ga tega ngelliatnya . Yaa tergantung masing2 nya . (utik)

sumber gambar
dkrindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar